PhotoPhotoPhotoPhotoPhoto PhotoPhotoPhotoPhotoPhotoPhotoPhoto PhotoPhotoPhotoPhotoPhotoPhoto PhotoPhotoPhotoPhotoPhoto

Rabu, 25 Mei 2011

Google Adsense – Mengumpulkan $4.69 Dalam 3 Jam

Saya cuma seorang blogger pemula yang mencoba keberuntungan dengan google adsense, saya memulai adsense sejak Agustus 2010 waktu itu cuma bisa mengumpulkan $0.95 tapi karena waktu itu saya sedang asik mencari uang online melalui paid review akhirnya adsense saya jadikan cadangan saja, hasilnya penghasilan adsense pun tidak maksimal karena saya cuma bisa mengumpulkan $6-$39 per bulan.

Namun setelah google enggan update pagerank kalaupun ada cuma sebagian padahal saya sudah menyiapkan beberapa blog lain untuk paid review akhirnya saya mulai meninggalkan paid review dan kembali fokus pada GA + affiliasi terutama hosting seperti hostgator.

Singkat cerita akhirnya saya berhasil mengumpulkan lebih dari $100 setelah 8 bulan menggeluti GA, dan semenjak Awal tahun 2011 ini memang sudah saya niatkan untuk lebih serius dengan google adsense, dan memutuskan membeli domain lagi untuk percobaan dan kali ini saya coba mengisi konten dengan lebih fokus pada topik tertentu tidak amburadul campur aduk bin gado-gado seperti sebelumnya.

Setelah 3 bulan membangun blog baru akhirnya usaha mulai terlihat membuahkan hasil karena target awal saya adalah minimal ingin mendapatkan pembayaran dari adsense tiap bulannya, artinya saya harus mengumpulkan minimal $100 per bulan atau sekitar $3,3 – $3,5 untuk amannya.

Setelah rajin mengisi konten dan mencari backlink (cara konvensional :) ) apalagi kalau bukan lewat berkomentar di blog lain + link wheel dari blog saya yang lain + backlink dari hubpages akhirnya mulai membuahkan hasil ini terlihat dari meningkatnya penghasilan GA per harinya dengan kisaran antara $3-$12 tapi kalau diambil rata2nya maka penghasilan per harinya adalah $6.8.

Dan kalau lagi beruntung baru 3 jam saya sudah dapet segini (lihat gambar dibawah)

Penghasilan GA 3 Jam Pertama

Penghasilan GA 3 Jam Pertama

Dari 15 klik saya dapat $4.69 (11 klik lainnya sengaja saya potong karena terlalu kecil), setelah saya teliti lebih jauh ternyata pengunjung yang klik iklan GA saya berasal dari Australia dan Amerika, lihat detailnya:

Performance Report by Countries

Performance Report by Countries

Saya sekedar berbagi pengalaman saja sebagai pemula bukan bermaksud pamer karena hasilnya juga pas-pasan, dan saya hanya mencoba membangkitkan semangat teman2 blogger lainnya yang mencoba adsense juga.

Cara Yang Saya Lakukan Untuk Meningkatkan Penghasilan Adsense

Seperti terlihat pada gambar No.2 bahwa asal pengunjung sangat mempengaruhi nilai per klik, tentu saja itu juga tergantung dari iklan yang muncul kebetulan menggoda iman pengunjung untuk mengklik GA. Dan cara yang saya lakukan sejak 2 bulan lalu dalam usaha meningkatkan traffic + penghasilan adsense, adalah:

  1. Pilih topik yang mudah dikuasai atau banyak sumber yang bisa dijadikan bahan tulisan dengan begitu anda tidak akan mudah kehabisan ide.
  2. Jangan tergila-gila dengan HPK (High Paying Keyword) kalau kita sulit menguasai topiknya, contoh insurance biasanya nilai per kliknya diatas $2 tapi apakah anda ngerti tentang insurance apalagi yang dibahas bukan insurance lokal.
  3. Teliti sebelum menulis, periksa keyword apa yang banyak dicari + berapa nilai CPC nya menggunakan https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal Pilih location: United States dan Language: English. Usakan topik yang akan anda tulis mengandung beberapa keyword dari hasil tool diatas, cari yang jumlah pencarinya lumayan + nilai CPC lumayan + sedikit saingan.

Untuk No.3 memang kadang membosankan untuk mencari keyword yang tepat untuk dijadikan target karena setelah menemukan keyword yang cocok dengan artikel yang akan ditulis saya biasanya cek juga di google berapa search result dari keyword tersebut, kalau jumlahnya sudah lebih dari 5 jutaan coba cari keyword lain yang mirip atau diputar puter dikit.

Setelah menulis artikel saya biasanya blogwalking (diawal-awal aja buat nambah backlink dan supaya lebih cepat terindex).

Itulah sedikit pengalaman dari pemula, dengan cara2 diatas blog yang baru saya buat sekarang sudah mendapat traffic 500 UV per hari dan sudah menjadi salah satu penyumbang penghasilan GA yang terbesar. Semoga bermanfaat dan mari berbagi pengalaman disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar